Jumat, 13 Januari 2017

Cara Membuat PPT yang Komunikatif dan Atraktif


Cara membuat PPT, menguasai Presentasi PowerPoint, PPT membantu Anda saat mengajar di kelas. Ini cara membuat PPT.

Catatan Penting Cara Membuat PPT

Itulah kelima cara membuat PPT yang sering digunakan untuk berbagai bentuk presentasi. Adapun beberapa catatan penting berkenaan pembuatan PPT. Pertama, perihal cara mendelete slide yang telah dibuat. Caranya, dapat dilakukan dengan menempatkan kursor pada slide yang berada di sisi kiri, kemudian tekat delete di keyboard.
Kedua, cara mengatur slide satu dengan slide dua, dapat dilakukan dengan cara drag and drop. Ketiga, cara melihat hasil kreativitas membuat PPT, dapat dipreview. Lokasi privew terletak di sisi sisi kiri, pojok atas. Sedangkan untuk melihat hasil PPT dalam bentuk full screen (keseluruhan) dapat dilihat dengan klik slide show yang berada di pojok bawah kanan. Seperti gambar berikut.

|dosen Indonesia|

Cepat Menguasai PPT

Pertama, setelah menghidupkan komputer, kita langsung bisa buka Microsoft PowerPoint di Microsoft office. Di tahap inilah kita bisa sudah masuk di lembar kerja. Untuk memulai pengerjaan, kita bisa langsung pilih theme pada design, pilih salah theme yang kita sukai. Kita juga bisa mengubah warna, ukuran dan effects.
Cara membuat PPT yang kedua, kita bisa langsung mengetik poin-poin yang ingin disampaikan. Di lembar kerta PPT, kita bisa mengganti click to add title dengan judul materi yang ingin disampaikan. Di bawahnya, terdapat kolom click to add subtitle, kita isi dengan deskripsi atau poin yang ingin kita jelaskan.
Tiga, menambahkan slide baru dibawahnya. Menambah slide dapat menekan menu home, klik new slide, kemudian bisa pilih layout sesuai selera. Cara cepat menambah slide, dapat dilakukan dengan menempatkan kursor di slide yang terlihat disamping kanan, kemudian klik enter. Maka, otomatis akan muncul slide baru.
Empat, cara membuat PPT yang lebih menarik secara tampilan, bisa menambahkan animasi tiap slide. Caranya, tempatkan slide yang diinginkan, kemudian di menu atas, pilih ‘animation’, pilih ditampilan yang kita inginkan.

Baca juga: Ikuti 3 Cara Ini Agar Anda Sadar Pentingnya Menulis Buku
 
Lima, di langkah nomor 4 kita dapat menambahkan suara (di no sound) dan mengatur kecepatan animasi di kolom fast. Keuntungan PPT sebagai media presentasi yang atraktif, cara membuat PPT agar atraktif dapat di atur di ‘add effect’. Berfungsi memodifikasi poin presentasi tampil dengan gerakan melayang, berkedip dan masih banyak pilihan lain. add effect berada di sisi kanan, di bawah menu, seperti gambar berikut.


Tips Cara Membuat PPT yang Baik 


Powerpoin dikemas lebih singkat, padat jelas, atraktif dan tidak membosankan. Adapun manfaat dari keringkasan dari PPT. Di antarannya, pembaca fokus ke presenter, bukan fokus ke layar yang menjelaskan secara detail lewat tulisan. Sedangkan PPT yang disampaikan sesuai dengan pointer-pointer, yang cukup dilihat hanya sekilas oleh penonton jauh lebih efektif mengajak penonton untuk memperhatikan presenter ketika menjelaskan poin yang ada di PPT.

Tidak semua orang tahu PPT yang baik itu seperti apa. Sebagian orang, ada yang menyajikan data dalam bentuk PowerPoint ditulis secara detail di bagian kolom click to add text, seperti menulis di Ms. Word. Bukan berarti cara itu sepenuhnya salah. Sebagian orang beranggapan fungsi dari PPT adalah membantu presenter mengingatkan pesan yang hendak dijelaskan. Dengan kata lain, penjelasan yang panjang lebar cukup disampaikan oleh presenter ketika presentasi di depan. Sehingga, ketika presentasi ke depan, yang terlihat di layar hanya poin inti. (els)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar