Rabu, 05 April 2017

Persiapan yang perlu diperhatikan untuk menulis Karya Ilmiah

Persiapan yang perlu diperhatikan untuk menulis Karya Ilmiah


Bagi kalangan di pendidikan tinggi menulis Karya Ilmiah bisa dikatakan cukup susah. Sebenarnya, apabila kita mengetahui persiapan untuk menulis karya ilmiah akan membantu kita dalam penulisannya karya ilmiah tersebut.

Terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan menulis Karya Ilmiah yaitu pertama pemilihan topik atau masalah, kedua penentuan judul, ketiga pembuatan kerangka karya (outline). Berikut ini penjabarannya

1.    Pemilihan topik atau masalah

Topik merupakan pokok pembicaraan atau masalah. Sebaiknya carilah topik yang sangat menarik perhatian oleh anda dan sangat diketahui oleh anda sendiri dari pada membuat topik yang tidak anda tahu dan sama sekali tidak menarik.

Arifin dalam Dwikola dan Riana (2012:8) menyampaikan hal-hal berikut yang patut dipertimbangkan dengan saksama untuk pemilihan topik
a.       Topik yang dipilih harus berada disekitar kita, baik disekitar pengalaman kita maupun di sekitar pengetahuan kita.
b.      Topk yang dipilih harus topik yang paling menarik perhatian kita
c.       Topik yang dipilih terpusat pada suatu segi lingkup yang sempit dan terbatas
d.      Topik yang dipilih harus kita ketahui prinsip-prinsip ilmiahnya walaupun serba sedikit.
e.       Topik yang dilihi harus memiliki sumber acuan, memiliki bahan kepustakaan yang dapat memberikan informasi tentang pokok masalah yang hendak ditulis. Sumber kepustakaan dapat berupa buku, majalah, jurnal, surat kabar, brosur, surat keputusan, situs web, atau undang undang

2.      Penentuan Judul dan Pembatasan Topik

Apabila topik sudah ditentukan hal yang perlu dilakukan adalah dengan pembatasan topik. Dengan kita melakukan pembatasan topik sama saja dengan langkah-langkah dalam penentuan judul, perbedaannya terdapat pada pembatasan topik harus dilakukan sebelum penulisan karya ilmiah.
Sedangkan penentuan judul dapat dilakukan sebelum atau sesudah penulisan karya ilmiah. Penentuan judul untuk karya ilmiah dapat juga ditempuh dengan melontarkan pertanyaan – pertanyaan masalah apa, mengapa, bagimana, dimana dan kapan.

3.   Pembuatan Kerangka Karya

Kerangka karya atau outline merupakan sebuah proses penggolongan dan penataan berbagai fakta yang biasanya berbeda-beda sifat dan jenisnya menjadi satu kesatuan yang berkaitan.
Penulisan karya ilmiah harus menentukan judul bab dan judul subbab terlebih dahulu sebelum menentukan kerangka karya. Judul bab dan judul subbab merupakan pecahan masalah dari judul karya ilmiah.
Apabila kita sudah merasa yakin bahwa masalah tersebut sudah dipecah manjadi bab, subbab, kini penyusun karya ilmiah sudah dapat menuliskan kerangka karya ilmiahnya. Ragangan ini yang akan menjadi patokan bekerja, sehingga tidak tumpang tindih dalam penganalisanya.

4.      Pengumpulan Data

langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari informasi dari kepustakaan mengenai hal-hal yang terdapat relevensinya dengan judul tulisan. langkah lainnya juga dapat mencari informasi dengan terjun ke lapangan secara langsung.  
Data di lapangan dapat dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, atau eksperimen. tetapi satu hal yang perlu dilakukan sebelum terjun kelapangan adalah dengan meminta surat izin penelitian terlebih dahulu kepada pemerintah atau Instansi.

5.      Pengorganisasian dan Pengonsepan

Apabila data yang sudah terkumpul, tahap selanjutnya adalah dengan menyeleksi data tersebut. kemudian menggolongkan data tersebut sesuai dengan sifat dan bentuknya. serta anda dapat menentukan data mana yang akan dibahas selanjutnya.

6.      Pengetikan dan Penyajian

Dalam pengetikan dan penyajiannya anda dituntut untuk memperhatikan secara teliti segi kerapiannnya. Anda harus memperhatikan bagian cover, halaman judul, daftar isi, dan daftar pustaka.

Itulah beberapa poin penting perihal persiapan yang perlu diperhatikan untuk menulis Karya Ilmiah. Sekian, semoga bermanfaat.

Referensi
Dwiloka, Bambang dan Riana Rati, 2012, Teknik Menulis Karya Ilmiah, Jakarta : Rineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar